Sekda Saipul dan Para Asisten Sekdakab Pimpin Rapat Desk Pilkada Way Kanan 2020

08 Oktober 2020 | DISKOMINFO WK | 17 Dilihat

Sekretrais Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Selan, S.Sos.,M.M, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Kussarwono, M.T serta Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Harun Anosa, M.M memimpin Rapat Desk Pilkada Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 di Ruang Rapat Utama Pemkab setempat, Kamis (08/10/2020).

Pada rapat tersebut, Sekda Saipul menyampaikan bahwa tugas dari Desk yaitu melakukan sosialisasi dan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Daerah, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan-permasalahan Pilkada.

 

Desk juga bertugas untuk melaporkan informasi kepada Pemerintah mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan dan pelaksanaan Pilkada secara berjenjang, yaitu laporan pelaksanaan Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota disampaikan oleh Gubernur kepada Menteri  Dalam Negeri. Selanjutnya, tugas dari Desk juga melakukan pemantauan dan melaporkan perkembangan pemutakhiran data situasi politik dan keamanan dalam pelaksanaan Pilkada serta memantau dan melaporkan netralitas maupun pelanggaran yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara.

Dalam mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah juga perlu adanya upaya menaikan partisipasi pemilih yangn dilakukan secara sinergis dalam bentuk himbauan seperti banner, namun dengan memperhatikan netralitas. Antisipasi distribusi logistik juga diperlukan mengingat waktu dan cuaca serta perlunya sosialisasi untuk hari pencoblosan.

 

Untuk segi keamanan, personil pengamanan sudah siap dari TNI dan Polri, dimana Polri sudah memiliki peta dan personil keamanan kerawanan Pilkada yang terbagi atas status Aman, Rawan, Sangat Rawan serta perlu diantisipasi pemicu konflik, diantaranya Netralitas ASN.

Sementara untuk pengandalian Pilkada, Laporan Desk Pilkada dilaporkan, dikoordinasikan bersama-sama anggota Desk. Juga perlunya membuat surat kepada Perangkat Kampung dan BPK terkait Netralitas Aparatur Pemerintahan Kampung. Selanjutnya, meminimalisir terjadinya penyebaran Virus Corona maka perlu dilakukan penetapan Protokol Kesehatan secara ketat baik kepada petugas dan warga masyarakat. Serta menjaga Netraliltas Petugas Kesehatan, pada saat pemeriksaan sebelum kampanye dan perlu dirumuskan kedalam SOP juga diperlukan sanksi yang tegas kepada para pelanggar Pilkada.

 Diketahui, pada Rapat tersebut juga dihadiri oleh kepala dan unsur Insepektorar Daerah Kabupaten, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengambangan Sumber Daya Manusia, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Satuan Polisi Pamong Praja, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Pembangunan, Bagian Umum serta Camat se-Kabupaten Way Kanan.

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Ari / Dok . Pim