RAS : 17 Maret-30 Maret 2020 Kerja dan Belajar Di Rumah, Bukan Libur

17 Maret 2020 | DISKOMINFO WK | 80 Dilihat

Setelah sebelumnya mengaluarkan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor 360/214/V.05-WK/2020 Tentang Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (COVID-19) untuk seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Instansi Pemerintah sampai dengan jajaran tingkat kampung dan seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan, serta Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor 420/215/IV.01-WK/2020 Tentang Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan. Selanjutnya Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M juga mengeluarkan Surat Nomor 800/217/I.11-WK/2020 Perihal Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Virus Corona (COVID-19).

Dalam Surat tersebut menindaklanjuti Surat Gubernur Lampung No : 440/1022/05/2020 Tanggal 16 Maret 2020 perihal Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Virus Corona (COVID-19), maka diintruksikan kepada seluruh jajaran Forkompimda, Pimpinan Instansi Pemerintah, Camat/Lurah/Kepala Kampung, Pimpinan BUMN/BUMD/Swasta, Pimpinan Ormas/OKP/Ponpes/Insan Pers san seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan untuk dapat melaksanakan tugas-tugas pekerjaan kantor/kedinasan di rumah masing-masing di Wilayah Kabupaten Way Kanan (bukan libur) terhitung mulai Tanggal 17 Maret sampai dengan 30 Maret 2020 mendatang.

Menjalankan tugas-tugas kedinasan di rumah tidak mengurangi target kinerja masing-masing Organisasi Perangkat Daerah serta dilakukan evaluasi oleh Pejabat Tinggi Pratama/Kepala OPD masing-masing dengan menerapkan daftar hadir manual. Dalam Surat tersebut juga diintruksikan untuk menunda kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan/mengundang banyak orang, seperti rapat-rapat, sosialisasi, penyuluhan, Upacara, pengajian, seminar, diklat dan lainnya, kecuali semua kegiatan administrasi perkantoran tetap berjalan.

Dalam Suratnya, Bupati Adipati juga mengintruksikan kepada Kepala OPD untuk wajib membagi tugas kepada jajarannya yang melaksanakan tugas di rumah dan dilaporkan sebagai kinerja masing-masing ASN, Pejabat Tinggi Pratama juga tetap bekerja di kantor dan membagi petugas piket di Kantor minimal 1 orang pada setiap jenjang Esselon III sebagai pelaksana/penghubung berbagai tugas hariannya.

Sementara itu, khusus Dinas Kesehatan (Rumah Sakit dan Puskesmas), Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas PMPTSP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kecamatan, Kelurahan dan Kampung tetap memberikan pelayanan di kantor masing-masing sebagaimana mestinya.

Kemudian, untuk Dinas terkait (Dinas Perindustian dan Perdagangan,  Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas TPHP, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Bagian Perekonomian) melakukan pengawasan terhadap ketersediaan pangan untuk terjaminnya pasokan pangan utama bagi masyarakat dengan harga yang terjangkau. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Kesehatan agar melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan para Imigran/TKI yang baru kembali dari Luar Negeri dalam waktu 14 Hari terakhir serta terhadap tenaga kerja asing di Wilayah Kabupaten Way Kanan.

 

Penulis : Fitria Wulandari