Asisten I, Selan Pimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Kejurnas Arung Jeram Tahun 2021

23 November 2021 | DISKOMINFO WK | 16 Dilihat

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Selan, S.Sos.,M.M memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kejuaraan Nasional Arung Jeram, Selasa (23/11/2021) Ruang Rapat Sekda setempat yang dihadiri oleh unsur Polres Way Kanan, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata serta Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait.

Rapat tersebut membahas terkait pelaksanaan Kejurnas Arung Jeram yang akan dilaksanakan pada Tanggal 5 sampai dengan 10 Desember 2021 di Way Besai, Desa Bonglai Kecamatan Banjit. Dengan Kontingen dari 14 Provinsi dan 55 team dengan Kategori Tim Putra terdiri dari Youth man 9 team, Junior man 10 team, Open man 10 team dan Master man 3 team. Sementara pada Kategori Putri terdiri dari Youth woman 5 team, junior woman 9 team, Open woman 7 team dan Master woman 2 team.

 

Diketahui, pelaksanaan Kejurnas Arung Jeram diadakan setiap tahun untuk keberhasilan tiap daerah dalam pembinaan atlit. Dimana kegiatan tersebut merupakan salah satu tolok ukur keikutsertaan atlit suatu Daerah dalam Pra PON maupun PON, dan merupakan tolok ukur kesuksesan pembinaan prestasi Arung Jeram di tiap Provinsi serta proses regenerasi prestasi Tingkat Nasional. Kegiatan tersebut akan diikuti oleh atlit-atlit Nasional dari tiap Provinsi untuk memperebutkan posisi terhormat dimana mereka akan bertanding membawa Bendera Provinsi masing-masing. Secara ekonomi dan pariwisata, lokasi kegiatan Arung Jeram akan memberikan dampak positif baik pada saat pelaksanaan kegiatan maupun secara jangka panjang setelah kegiatan Kejurnas.

Sementara itu, Kegiatan Kejurnas Arung Jeram ini dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang disusun oleh PB FAJI berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan oleh IRF (International Rafting Federation). Dan sebagai bagian dari komitmen panitia Kejurnas Arung Jeram Indonesia terhadap dampak ekonomi masyarakat sekitar, maka seluruh kebutuhan akomodasi peserta, official dan panitia dilaksanakan oleh masyarakat melalui Homestay. Selain itu, kebutuhan konsumsi juga dilaksanakan oleh masyarakat. Dimana seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan dengan Standar Protokol Kesehatan dan kompetisi yang disiapkan oleh PB FAJI.

 

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Dinas Kominfo WK